Sabtu, 27 Maret 2010

Biografi Adam Smith

Adam Smith adalah seorang Skotlandia ekonom dan filsuf politik. Dia telah menjadi terkenal dengan bukunya yang berpengaruh The Wealth of Nations (1776). Smith adalah anak dari pengawas dari kebiasaan di Kirkcaldy, Fife, Skotlandia. Tanggal yang tepat kelahirannya tidak diketahui. Namun, ia dibaptis di Kirkcaldy pada 5 Juni 1723, ayahnya telah meninggal beberapa enam bulan sebelumnya. 

Pada usia sekitar lima belas, Smith berjalan menuju Glasgow universitas, belajar filosofi moral dibawah "si pernah-to-be-lupa" Francis Hutcheson (sebagaimana Smith memanggilnya). Tahun 1740 ia memasuki perguruan tinggi Balliol, Oxford, tetapi seperti William Robert Scott katakan, "Universitas Oxford dalam masanya memberikan sedikit jika bantuan manapun yang diberikan apa yang menjadi pekerjaan seumur hidup," dan ia melepaskan pameran pada tahun 1746. Tahun 1748 ia mulai memberikan kuliah umum di Edinburgh dibawah perlindungan Tuhan Kames. Beberapa berurusan dengan retorika dan belles-letters, tetapi nantinya dia akan mengambil subyek dari "kemajuan dari kesejahteraan," dan nantinya, di pertengahan atau akhir 20-an, bahwa ia pertama kali menguraikan filosofi ekonomi "yang jelas dan sistem sederhana dari kebebasan alamiah "dimana dia menyatakan kepada dunia dalam Permintaan ke dalam Alam dan Penyebab dari Wealth of Nations. Tentang 1750 ia bertemu dengan David Hume, yang menjadi salah satu yang paling dekat dari sekian banyak teman.
Pada tahun 1751 Smith ditunjuk guru besar logika di Universitas Glasgow, dipindahkan tahun 1752 ke kursi filsafat moral. Kuliahnya mencakup bidang etika, retorika, hukum dan ekonomi politik, atau "polisi dan keuntungan." Tahun 1759 dia menerbitkan Teori dari Sentimen Moral, memasukan sebagian kuliahnya di Glasgow. Karya ini, yang menetapkan reputasi Smith hari sendiri, berkaitan dengan penjelasan moral persetujuan dan penolakan. Kapasitasnya untuk lancar, persuasif, atau argumen retorikal lebih banyak dalam buktinya. Dia mendasarkan penjelasannya, bukan sebagai Tuhan Shaftesbury ketiga dan Hutcheson lakukan, pada khusus "rasa moral," atau, seperti Hume, untuk menentukan sejauh apapun pada utilitas, tetapi pada simpati. Ada telah cukup kontroversi sebagai seberapa jauh ada kontradiksi atau kontras antara penekanan Smith dalam Moral Sentiments pada simpati sebagai dasar motif manusia, dan, di sisi lain, peran kunci kepentingan diri sendiri dalam The Wealth of Nations. Di bekas tampaknya dia lebih menekankan pada keselarasan umum motif manusia dan kegiatan di bawah dermawan Providence, sedangkan di yang kedua, meskipun tema umum "tangan tak terlihat" mempromosikan harmoni kepentingan, Smith menemukan banyak lagi kesempatan untuk menunjukkan kasus-kasus konflik dan keegoisan sempit motif manusia. 



 Smith sekarang memulai memberi perhatian lebih pada jurisprudensi dan ekonomi politik di dalam kuliahnya dan sedikit pada teorinya tentang moral. Kesan yang didapatkan sama ke pengembangan ide-idenya pada ekonomi politik dari catatan kuliahnya diturunkan oleh seorang mahasiswa sekitar tahun 1763 yang nantinya diedit oleh E. Cannan (Kuliah dalam Keadilan, Polisi, Pajak dan Senjata, 1896) , dan dari apa yang Scott, penemu dan penerbitnya, mendeskripsikannya sebagai "Draft Awal Bagian dari The Wealth of Nations, yang bertanggal sekitar 1763.
Pada akhir 1763 Smith diperoleh pos yang menguntungkan sebagai guru bagi Buccleuch adipati muda dan mengundurkan diri dari jabatan guru. Dari 1.764-66 ia pergi bersama muridnya, kebanyakan di Perancis, di mana ia datang untuk tahu seperti pemimpin intelektual Turgot, D'Alembert, AndréMorellet, Helvétius dan, khususnya, François Quesnay, kepala sekolah Physiocratic yang karyanya banyak dihormati. On kembali ke rumah untuk Kirkcaldy ia mengabdikan sebagian besar dari sepuluh tahun berikutnya magnum opus-nya, yang muncul pada tahun 1776. Pada 1778 ia diangkat ke pos sebagai yang nyaman untuk cukai di Skotlandia dan pergi untuk tinggal bersama ibunya di Edinburgh. Ia meninggal di sana pada 17 Juli 1790, setelah penyakit painfull. Rupanya dia telah mencurahkan banyak bagian dari pendapatannya untuk berbagai amal perbuatan rahasia.
Tak lama sebelum kematiannya Smith telah hampir semua naskah dimusnahkan. Dalam tahun-tahun terakhir tampaknya dia telah merencanakan dua risalah utama, satu di teori dan sejarah hukum dan satu dalam ilmu dan seni. Yang diterbitkan secara anumerta Essays on Philosophical Subjects (1795) mungkin berisi bagian dari apa yang akan menjadi risalah terakhir.
The Wealth of Nations telah menjadi begitu berpengaruh karena melakukan begitu banyak untuk menciptakan subyek ekonomi politik dan berkembang menjadi disiplin sistematis yang otonom. Dalam dunia barat, ini adalah buku yang paling berpengaruh tentang masalah yang pernah diterbitkan. Ketika buku, yang telah menjadi klasik manifesto terhadap mercantalism, muncul pada tahun 1776, ada sentimen yang kuat untuk perdagangan bebas baik di Britania dan Amerika. Perasaan baru ini telah lahir dari kesulitan ekonomi dan kemiskinan yang disebabkan oleh perang. Namun, pada saat publikasi, tidak semua orang merasa yakin keuntungan langsung perdagangan bebas: publik Inggris dan DPR masih menempel merkantilisme selama bertahun-tahun yang akan datang (Tindall dan Shi). Namun, pandangan kontroversial telah dinyatakan sebagai ke tingkat keaslian Smith dalam The Wealth of Nations. Smith telah disalahkan untuk mengandalkan terlalu banyak pada ide-ide dari para pemikir besar seperti David Hume dan Montesquieu. Meskipun demikian, The Wealth of Nations adalah yang pertama dan tetap buku paling penting tentang masalah politik ecomomy sampai sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar