Jumat, 26 Maret 2010

Pengertian Bisnis Internasional

Segala transaksi yang melibatkan pihak- pihak dari beberapa Negara dalah merupakan bagian dari bisnis internasional. Per-definisi, bisnis internasional adalah sebuah organisasi yang terlibat dalam transaksi komersial lintas Negara (cross country commercial transaction) dengan individu, perusahaan swasta, dan atau organisasi sector public (pemerintah). Bisnis internasional berbeda dengan bisnis domestic ( domestic business), karena :

1. Pihak- pihak yang terlibat dalam bisnis internasional mungkin menggunakan mata uang yang berbeda, sehingga salah satu pihak harus mengkonversi transaksinya dengan mata uang Negara lain.
2. Sistem hukum suatu Negara mungkin berbeda satu dengan yang lain, sehingga pihak yang terlibat dalam bisnis internasional harus memodifikasi perilakunya agar sesuai dengan system hukum suatu Negara.
3. Budaya suatu Negara mungkin berbeda satu Negara dengan yang lain, sehingga pihak yang terlibat dalam bisnis internasional harus memodifikasi perilakunya agar memenuhi harapan pihak lain.
4. Ketersediaan sumber daya yang berbeda- beda antar Negara. Ini akan mempengaruhi cara produksi dan jenis produk yang akan diproduksi untuk dijual di suatu Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar