Jumat, 26 Maret 2010

Pengertian Bisnis, Perusahaan, Industri, dan Entrepreneur


Bisnis adalah usaha- usaha terorganisasi dari individu- individu untuk memproduksi dan menjual barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan masyarakat, untuk menghasilakn laba. Laba adalah selisih antara total revenue (total penerimaan) suatu kegiatan bisnis dengan total cost (total biaya) dari suatu kegiatan bisnis tadi » (LABA = TR – TC)

Perusahaan adalah suatu wadah / organisasi yang memungkin bisnis dilaksanakan. Perusahaan bisa juga diartikan sebagai kumpulan sumber daya (missal : SDM, Sumber daya modal, sumber daya teknologi, dll) yang memungkinkan bisnis dilakukan.

Kelompok perusahaan yang memproduksi produk yang sama akan disebut sebagai industry. Secara lebih lengkap industry bisa diartikan sebagai sekelompok perusahaan yang memproduksi produk yang sama pada pasar yang sama pula.

Kadang- kadang seseorang ingin memulai suatu bisnis sendiri dengan melakukan bermacam- macam kegiatan yang menyita waktu, usaha, dan uang. Nah, orang yang mengorbankan waktu, usaha, dan uang untuk memulai dan mengoperasikan suatu bisnis disebut entrepreneur (wiraswastawan/i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar