Jumat, 26 Maret 2010

Pengertian Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen untuk dilihat, diminta, dicari, dibeli, dan dikonsumsi oleh konsumen atau pasar yang bersangkutan, yang dipergunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan.

Yang dapat ditawarkan oleh produsen yakni :
  • Barang fisik ( sabun mandi, shampoo, motor, mobil, rumah, etc)
  • Jasa ( salon, urut, pijet, etc)
  • Orang / Pribadi ( valentino rossi,  etc)
  • Lembaga / Organisasi ( klub motor, klub mobil, etc)
  • Tempat ( angkringan, wisma kaliurang, etc), dan
  • Ide ( iklan "membayar iuran listrik dan pajak bumi dan bangunan tepat waktu, etc
Selain itu, terdapat pengertian yang lain, sbb :


Kotler dan Amstrong (1996:274)
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Stanton, (1996:222)
Produk adalah kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.

Tjiptono (1999:95)
Produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas “sesuatu” yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli.

 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar