Jumat, 02 April 2010

Cara- Cara Khusus Memasuki Pasar Asing (Specialized modes of entry)


Cara- Cara Khusus Memasuki Pasar Asing (Specialized modes of entry)
Beberapa cara khusus memasuki pasar asing misalnya : fabrikasi kontrak (contract menu facturing), kontrak manajemen (management contract), dan proyek turnkey (turnkey project).

Dengan melakukan contract manufacturing, maka suatu perusahaan internasional dapat mengurangi jumlah sumber daya manusia dan keuangan yang digunakan untuk memproduksi produknya. Hal ini dilakukan suatu perusahaan internasional dengan cara memberi hak perusahaan lain memproduksi produknya di suatu negara, kemudian perusahaan internasional tadi yang bertugas memasarkan sasarannya. Contoh perusahaan internasional yang melaksanakan cara ini adalah Nike. Nike memilih untuk berkonsentrasi pada pemasaran produk sepatunya dan menyerahkan pembuatan sepatu atletiknya pada beberapa perusahaan di Asia Tenggara.

Manajemen contract adalah suatu perjanjian dimana suatu perusahaan memberikan bimbingan manajerial, keahlian teknis, atau jasa- jasa khusus pada perusahaan yang lain untuk jangka waktu tertentu dengan imbalan balas jasa keuangan dalam jumlah tertentu. Management contract akan memungkinkan sebuah perusahaan mendapatkan tambahan pendapatan tanpa menambah risiko investasi.

Turnkey project adalah sebuah kontrak dimana sebuah perusahaan setuju untuk mendesain, membangun, dan melengkapi seuah fasilitas produksi untuk perusahaan lain, dan begitu proyek fasilitas produksi selesai maka perusahaan tadi akan menyerahkan proyek kepada perusahaan lain tadi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar